Jumat, 29 April 2016

on 9 comments

Ternak Lele Terpal Untuk Pemula

Inilah Tips & Cara Ternak Lele Terpal Untuk Pemula

Ternak lele terpal untuk pemula ,-Sebelumnya selamat datang di blog peternakan kami  , di dalam bl blog ini http://klikinsurance.blogspot.com . akan sedikit memberikan tips atau cara ternak lele terpal untuk pemula , semoga ini bisa bermanfaat .
Ternak Lele Terpal Untuk Pemula
peternakan lele dalam terpal
Berbicara mengenai ternak lele , bisnis yang satu ini sekarang sedang banyak digemari dan dipilih oleh mereka para pengusaha , alasan nya tidak lain dan tidak bukan karena beternak lele bisa dibilang mudah dalam perawatan dan mempunyai pendapatan yang tinggi .

Perlu anda ketahui , beternak lele tidak hanya bisa dilakukan di kolam lele saja , akan tetapi terdapat media lain yang bisa digunakan untuk peternakan lele , yang mana salah satunya adalah dengan menggunakan terpal . Media ternak lele terpal ini mempunyai keunggulan ,adapun keunggulan nya seperti :

  1. Tidak memerlukan lahan yang luas.
  2. Lebih flexibel (kolam dapat dipindah).
  3. Perawatan kolam lebih mudah.
  4. Biaya pembuatan dapat diminimalisir.
  5. Lele hasil budidaya tidak berbau lumpur.
Baca juga :
Untuk anda pemula yg ingin mencoba beternak lele dengan media terpal ,tapi anda tidak tau harus memulai darimana , tenang ,  dibawah ini akan saya berikan tips / cara ternak lele terpal untuk pemula .

Ternak Lele Terpal Untuk Pemula

Inilah tips atau cara ternak lele terpal untuk pemula , ikuti langkah / cara-caranya dengan benar .

1. PEMBUATAN KOLAM IKAN
Untuk pembuatan kolan ikan lele nya sendiri snagatlah mudah anda cukup memerlukan babmu dankayu sebagai bahan pembuatan nya , yang dibentuk seperti pada gambar dibawah ini .
Proses pembuatan kolam terpal untuk lele
Setelah membuat seperti pada gambar , selanjutnya anda masukan terpal kedalam nya , pastikan anda memilih terpal khusus yang tidak menyerap air . seperti pada gambar di bawah ini
Hasil pembuatan kolam terpal untuk lele

2 . PEMILIHAN BIBIT LELE

Setelah pembuatan kolam terpal selesai , sekarang anda bisa langsung memilih bibit lele untuk peternakan lele anda , adapun di dalam pemilihan bibit lele harus yang bagus agar dalam proses pertumbuhan tidak lambat , adapun beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan bibit lele yang bagus diantaranya seperti : 

  • Amati fisik dan gerakan nya
    Benih lele yang baik adalah lele yang mempunyai ukuran kepala dan tubu seimbang (proporsional) pastikan tidak ada cacat ataupun luka , dan perlu and aketahui juga benih / bibit lele yang bagus adalah lele yang gerakan nya lincah 
  • Amati dalam ukuran nya
    Pastikan anda di dalam memilih bibit lele memilih bibit yang berukuran seraga (sama) ini bertujuan agar pertumbuhan pada lele tersebut serempak . Adapun jika ukuran benih 5 cm maka sebaiknya toleransi benih ukuran 4cm dan 6cm masing masing tidak lebih dari 10% populasi
  • Amati keturunan benih / bibit lele
    Pastikan anda memilih benih lele dari indukan yang mempunyai kualitas baik . perlu anda ketahui . Benih lele yang baik adalah benih yang bukan hasil dari pemijahan 
  • Amati pula riwayat penyakit nya
    Hal ini penting dilakukan , agar bibit lele yang kita ternak tidak terserang penyakit
Baca juga :
 
3 . PERAWATAN IKAN LELE

Di dalam cara & tips ternak lele terpal untuk pemula , hal ini (perawatan ternak) yang harus dilakukan dengan benar , karena ini bisa berpengaruh terhadap hasil dari ternak anda , jika perawatan nya tidak baik maka tidak menutup kemungkinan hasil dari ternaknya pun tidak memuaskan , begitu juga sebaliknya .

Di dalam perawatan lele yang baik , pastikan anda meberikan nya pakan yang benar . Adapun untuk cara pemberian pakan ternak lele terpal untuk pemula cara nya seperti dibawah ini : 

A . Pemberian pakan lele dengan pelet
Untuk pemberian pakan lele dengan peletnya sendiri terdapat 2 cara , yakni dengan pelet apung dan pelet tenggelam

  • Untuk pelet apung , anda bisa memberikan nya dengan cara menebar pelet ke 3 arah lakukan ini secara berganitian seperti ,diawali dari pemberian pelet sebelah kiri , seteleh pelet dibagian kiri habis , sekarang anda berikan pelet pada lele bagian tengan , ulangi cara ini hingga lele kenyan
  • Untuk pelet tenggelam , untuk pemberian nya dilakuakn dengan cara menebar pelet disuatu titik mana saja . jika dalam pemberian pelet , lele tidak merespon pelet anda ada baiknya anda memberikan nya secaa perlahan .
B . Waktu pemberian pakan lele
didalam waktu pemberian nya sendiri jangan terlalu sering dan jagan terlalu mengantep ,karena jika lele diantepin lele bisa kelaparan dan jika pemberian lele terlalu sering ini tidak bagus untuk pertumbuhan lele , adapun waktuyang baus memberikan pakan lele adalah sebanyak 4-6 kali dalam sehari dengan jam seperti dibawah ini . 
Pemberian pakan bisa dilakukan sebanyak 4kali dengan rincian waktu jam 09.00 , 23.00 , 17.00 ,dan 21.000 . Adapun jika and ingin memberikan pakan lele anda dengan 6 kali pemberian , rincian watunya dimulai dari jam 09.00 , 12.000 , 15.00 , 17 : 00 , 19 , dan 21,00 .

pastikan anda memberikan nya pakan dengan kualitas baik yang mempunyai nutrisi yang cukup untuk perkembangan ternak lele anda Dan INGAT !! BERIKAN PAKAN SESUAI DENGAN UMUR DARI LELE TERSEBUT.

Baca juga : 

=============================
Untuk anda yang inigin ternak lele terpal untuk pemula , anda bisa mengapliakasikan metode diatas kepada ternak lele anda . Semoga dengan hadirnya blog peternakan ini , bisa mewujudkan anda untuk mempunyai petrenakan lele yang besar . Amin

Jangan lupa berkunjung kembali untuk mengetahui info lainnya seputarn dunia peternakan , ditunggu ....

Post By : Ternak Lele Terpal Untuk Pemula

9 komentar:

  1. silahkan mas , jangan lupa pake SOC HCS nya biar ternaknya mantap

    BalasHapus
  2. Ada keinginan untuk ternak lele, tp nggak tau mesti mulai dari mana dulu. Setelah saya membaca artikel anda dari awal sampai akhir, saya paham bagaimana ternak lele yang bagus dan benar. Salam sukses mas

    BalasHapus
  3. Oke siap pak, info sangat membantu sekali

    BalasHapus
  4. Apa nama kolam lele yang bundar itu pak?

    BalasHapus
  5. Terimakasih, ternak lele menjadi salah satu pilihan usaha rumahan

    BalasHapus
  6. Hallo, saat ini pengembangan ternak lele bisa sampai 2 bulan udah panen infoagribisnis dot com/2015/06/cara-ternak-lele/

    BalasHapus
  7. Jual Bunga Surabaya Dengan Harga TErbaik dan cepat

    BalasHapus